Bimbingan Perkawinan Pra Nikah Remaja Usia Sekolah





Civitas Akademika | SMANSAJAYA...

Bimbingan Pra Nikah bagi Pelajar usia SMA merupakan satu hal yang sangat penting untuk dilaksanakan. Untuk itu, Kemenag Kabupaten OKU Timur bekerjasama dengan Dinas Kesehatan, yang dalam hal ini diwakili oleh Dinas Kesehatan Unit Puskesmas Way Hitam IV melaksanakan kegiatan dimaksuddi SMAN 1 Belitang Jaya.

Kegiatan bimbingan pra nikah bagi remaja usia sekolah ini bertujuan untuk membuka wawasan para pelajar agar tidak terburu-buru menikah pada usia yang belum cukup. Penikahan dini biasanya berawal dari pergaulan bebas dan lemahnya fungsi kontrol orang tua. Dengan bimbingan ini dapat membuka cara pandang para pelajar untuk memahami dampak dan resiko dari pernikahan dini. Singkatnya kegiatan ini bertujuan untuk memberikan bekal pengetahuan, pemahaman kepada para remaja yang nantinya melangsungkan pernikahan sehingga terwujudnya keluarga samawa.

Kepalah Kantor Kementerian Agama Kabupaten OKU Timur dalam bimbingan dan arahan mengatakan bahwa untuk mencegah terjadinya pernikahan dini pada kalangan pelajar perlu dilakukan bimbingan pra nikah seperti ini. Pergaulan anak-anak remaja saat ini sudah tidak ada batas lagi. Maka dari itu pengawasan dan bimbingan menjadi kunci untuk menyelamatkan remaja kita pada jalan yang salah. Terlebih menghindarkan para remaja dari pernikahan dini karena kondisi yang tidak mereka inginkan.

Menurut kakankemenag "bahwa saat ini yang paling penting bagi remaja adalah rajin belajar dan menuntut ilmu, mengikuti apa yang dianjurkan oleh pemerintah lewat guru dan lewat ketua Yayasan ikuti dan taati serta dengarkan. Lebih lanjut, bagaimana remaja saat ini membangun diri, mempersiapkan diri untuk kemudian menjadi orang yang berguna, bermanfaat, berpengetahuan dan siap untuk membangun keluarga" pesannya dengan slogan "BELAJAR DAHULU, BARU MENIKAH".

Turut Hadir dalam acara tersebut dari Dinas Kesehatan sebagai narasumber. Dalam kegiatan ini Dinas Kesehatan berpesan agar siswa atau pelajar bisa memahami fase-fase perkembangan organ tubuh secara benar dan sehat guna menyambut dan mempersiapkan diri sebagai individu yang benar-benar siap dalam melangkah menuju usia perkawinan.

Semoga dengan Kegiatan ini, bisa terus mengembangkan insan pendidikan yang masih muda belia ini, menuju jalan dan tempat yang sesuai baik secara hukum maupun secara agama.... Aamiin Ya Robal Allamiin....

Demikian, kegiatan Penyuluhan Pra Nikah Kemenag Kabupaten OKU Timur di SMAN 1 Belitang Jaya yang bisa kami informasikan....

Maju Dunia Pendidikan Melalui Insan Islami dan Berkebudayaan














Beikut materi Kegiatan Bimbingan Perkawinan Pra Nikah Remaja Usia Sekolah 

Semoga bermanfaat....

Related Posts

0 Komentar untuk Bimbingan Perkawinan Pra Nikah Remaja Usia Sekolah