Pembatasan Kapasitas Penyimpanan Akun belajar.id



Civitas Akademika | SMANSAJAYA....

Dengan memiliki Akun belajar.id, Anda memiliki akses untuk menyimpan data berupa file ataupun dokumen untuk kegiatan pembelajaran secara online di ruang penyimpanan Google (Google Drive).

Guna mengutamakan keamanan data, kenyamanan pengguna, dan pengalaman akses yang lebih merata serta mengacu pada Persesjen No. 20 Tahun 2022 terkait penggunaan media penyimpanan Akun belajar.id dalam batas wajar, mulai 2 Januari 2023 akan dilakukan penyesuaian fasilitas Akun belajar.id milik Pendidik dan Tenaga Kependidikan yaitu pembatasan (limited) kapasitas ruang penyimpanan. Besaran kapasitas tersebut dapat berubah sewaktu-waktu sesuai dengan hasil evaluasi secara berkala.



Untuk itu, agar tetap dapat menggunakan Akun belajar.id dan ruang penyimpanan Google Anda dengan lancar, pastikan agar penggunaan Google Drive Anda tidak melampaui batas serta mengetahui ketentuan data-data yang boleh disimpan pada ruang penyimpanan Google yang terdaftar atas Akun belajar.id.

Pada dasarnya, seluruh data yang bersifat mendukung atau bagian dari kegiatan pembelajaran dapat dan boleh disimpan. Namun, perlu diingat, selain data yang berhubungan dengan kegiatan pembelajaran, terutama data yang berkaitan dengan aktivitas ilegal, dilarang untuk disimpan di Akun belajar.id Anda. Contohnya: 

Materi atau konten dari aktivitas ilegal, seperti video rekaman siaran langsung yang tidak berhubungan dengan aktivitas pembelajaran dan crypto mining.

Materi atau konten yang tidak berhubungan dengan kegiatan pembelajaran, video pribadi, video CCTV (termasuk video CCTV sekolah).

Materi atau konten kekerasan dan pornografi, baik video, audio, maupun gambar atau foto.

Materi atau konten yang melanggar hak cipta, seperti film, album musik, serial televisi, unduhan video YouTube, dan lainnya.

Materi yang sekiranya mengandung virus, malware, dan perangkat lunak yang berbahaya.

Materi yang mengandung konten misinformasi.

 Selain itu, beberapa hal yang perlu Anda perhatikan terkait ketentuan data dan penyimpanan, antara lain:

Menyimpan materi dalam Google Drive melampaui batas kuota yang ditentukan mengakibatkan Akun belajar.id Anda tidak bisa mengirim dan menerima email (termasuk pengunggahan tugas atau lampiran dari Peserta Didik) serta Google Drive yang terdaftar tidak dapat menyimpan data (foto, dokumen, video, dsb) yang baru.

Menyimpan materi yang tidak diperbolehkan dalam Google Drive karena melanggar ketentuan penggunaan ruang penyimpanan Google, akan berdampak pada penghapusan data tersebut hingga penangguhan Akun belajar.id Anda tanpa pemberitahuan terlebih dahulu sehingga Anda berpotensi kehilangan akses permanen ke satu atau beberapa produk layanan Google.



 Agar penggunaan Google Drive dari Akun belajar.id Anda tidak melampaui batas kuota yang ditentukan ATAU jika penggunaan Anda memang sudah melampaui kuota, harap untuk melakukan penyortiran data yang tersimpan pada ruang penyimpanan tersebut atau melakukan pemindahan data ke media penyimpanan lain.


link sumber : DISINI

Related Posts

1 Komentar untuk Pembatasan Kapasitas Penyimpanan Akun belajar.id